Ini Alasan Mengapa Saat Sedang Stress Jadi Lebih Sering Makan

Bila ada stres, ada beberapa orang yang meringankan diri dengan makan. Tren makanan yang dipilih berupa makanan berat seperti mie atau pizza.

Ternyata, ini bukan soal selera atau kemudahan untuk mendapatkan makanan. Tapi, ini bisa dijelaskan secara ilmiah.

Sebuah tim dari National Institute of Physiological Sciences menemukan bahwa cara melancarkan haid neuron otak yang aktif karena stres mengalami nafsu makan yang lebih besar untuk karbohidrat.

Kesimpulan ini didasarkan pada penelitiannya terhadap tikus. Tikus dengan neuron aktif mengonsumsi makanan tinggi karbohidrat tiga kali lebih banyak daripada tikus dengan kondisi neuronal normal. Tikus ini bahkan hanya makan setengah dari diet tinggi lemak.

Dari penelitian ini, Yasuhiko Minokoshi, salah satu peneliti menyimpulkan bahwa otak memainkan peran terkait dengan preferensi karbohidrat atau lemak. Dikatakan bahwa penelitian ini membantu mencegah orang mengkonsumsi makanan bergula atau makanan junk yang tidak sehat.

Manusia biasanya memilih apa yang harus dimakan sesuai dengan selera dan kondisi gizi tubuh. Tapi mekanisme yang terlibat dalam pemilihan tetap menjadi misteri.

Menurutnya, kebanyakan dari mereka yang mengonsumsi makanan manis cenderung menyalahkan dirinya sendiri karena nafsu makan yang tidak terkendali, terutama saat stres.

"Tapi jika mereka tahu itu hasil neuron, mereka mungkin tidak terlalu sulit pada diri mereka sendiri," kata Minokoshi, dikutip oleh Japan Times (19/1).

Namun, ia mengakui bahwa hasil penelitian fase dan siklus menstruasi ini masih sulit diterapkan pada manusia. Oleh karena itu, penindasan neuron dapat memicu efek samping, karena mereka memainkan banyak peran.

"Jika kita bisa menemukan molekul tertentu di neuron dan menekan aktivitas neuron, itu bisa mengurangi nafsu makan makanan karbohidrat," Minokoshi menjelaskan.

Sementara itu, susbtansi untuk mengaktifkan neuron bisa digunakan untuk orang yang mengonsumsi lemak berlebih. Penelitian ini dipublikasikan di US Journal Cell Report.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Cara Mudah Untuk Mencegah Terjadinya Stroke

Waspada, 5 Kesalahan Saat Make Up Dapat Picu Jerawat

4 Cara Tepat Mengatasi Gigitan Kuku